Best View with Mozila Firefox

Tuesday, 14 April 2009

Hati-Hati, Kebanyakan Main Facebook Bisa Jadi Bodoh

Jika mengakses Facebook berguna untuk mereka yang sudah bekerja, lalu benarkah surfing Facebook lebih sering dapat mengakibatkan kebodohan bagi mahasiswa?

Waktu yang dihabiskan seorang mahasiwa untuk “Poke Friends”, posting foto, dan update status mereka di Facebook, dapat berpengaruh besar terhadap kualitas akademis mereka. Peneliti dari Ohio Dominican University, Adam Duberstein, dan Aryn Karpinski, seorang mahasiswa kedokteran dari universitas yang sama menyatakan bahwa mahasiswa yang menghabiskan waktu untuk mengakses situs jejaring social populer tersebut akan memiliki kekurangan waktu belajar dan memiliki nilai atau indeks prestasi lebih rendah daripada rata-rata mahasiswa yang tidak atau jarang mengakses Facebook.


Karpinski dan Adam Duberstein juga menyatakan bahwa mereka sudah meneliti perbedaan demografi antara mahasiswa pengguna Facebook dan non-pengguna untuk menginvestigasi typical profil mahasiwa tersebut. Kedua peneliti telah mensurvei 219 siswa di Ohio, diantaranya 102 masih berstatus mahasiwa, dan 117 responden yang telah lulus kuliah, di pertengahan tahun 2008. Total sebanyak 148 orang mereka mengaku memiliki account Facebook.

Untuk hasilnya, Karpinski menyatakan bahwa mereka yang menggunakan Facebook memiliki indeks prestasi atau GPA antara 3.0 hingga 3.5 skala 4, sedangkan untuk non-pengguna Facebook memiliki nilai IP antara 3.5 hingga 4.0. Peneliti menemukan bahwa mereka yang menggunakan Facebook hanya menghabiskan waktu satu hingga lima jam satu minggu untuk belajar, sedangkan mereka yang non-Facebook menggunakan 11 hingga 15 jam waktunya dalam satu minggu untuk belajar. Ketika ditanya soal akibat ke performance akademik, Karpinski mengungkapkan bahwa 79 persen diantara pengguna Facebook mengatakan tidak ada dampaknya karena mereka mengaku tidak sepenuhnya menggunakan frekuensi tersebut, walaupun 65 persennya mengatakan bahwa mereka menggunakan account Facebook mereka setiap hari.

Study tersebut juga menemukan bahwa ada kaitannya antara Facebook dan aktivitas mahasiwa di luar jam kampus. Mahasiswa yang bekerja selama 15 jam atau kurang dalam satu minggu akan memiliki banyak aktivitas ekstrakurikuler dibandingkan mereka yang sering menggunakan Facebook.(h_n)


sumber

0 comments:

Post a Comment