Best View with Mozila Firefox

Wednesday, 11 February 2009

Pengertian Teori Perilaku Teori X dan Teori Y (X Y Behavior Theory) Douglas McGregor

Secara alamiah manusia mempunyai perilaku yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Perilaku tersebut adalah bawaan sikap dari seorang individu. Dan di dalam teori perilaku oleh (Douglas McGregor) dibedakan menjadi dua istilah yaitu Teori X dan Teori Y.
Teori Perilaku ini menjelaskan tentang sikap seseorang yang sebagai pemimpin atau bukan pemimpin. Teori ini digunakan oleh para manajer untuk menilai karyawan, apakah termasuk ke dalam teori X atau Teori Y.
Mari kita lihat perbedaan kedua teori ini :

A. Teori X
Teori ini menyatakan bahwa pada dasarnya manusia adalah makhluk pemalas yang tidak suka bekerja serta senang menghindar dari pekerjaan dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Pekerja memiliki ambisi yang kecil untuk mencapai tujuan perusahaan namun menginginkan balas jasa serta jaminan hidup yang tinggi. Dalam bekerja para pekerja harus terus diawasi, diancam serta diarahkan agar dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.
B. Teori Y
Teori ini memiliki anggapan bahwa kerja adalah kodrat manusia seperti halnya kegiatan sehari-hari lainnya. Pekerja tidak perlu terlalu diawasi dan diancam secara ketat karena mereka memiliki pengendalian serta pengerahan diri untuk bekerja sesuai tujuan perusahaan. Pekerja memiliki kemampuan kreativitas, imajinasi, kepandaian serta memahami tanggung jawab dan prestasi atas pencapaian tujuan kerja. Pekerja juga tidak harus mengerahkan segala potensi diri yang dimiliki dalam bekerja.
Penelitian teori x dan y menghasilkan teori gaya kepemimpinan ohio state yang membagi kepemimpinan berdasarkan skala pertimbangan dan penciptaan struktur.

Termasuk jenis yang manakah anda? apakah teori X atau teori Y ? sekarang anda dapat menilai diri anda sendiri.

0 comments:

Post a Comment