Best View with Mozila Firefox

Wednesday, 11 February 2009

Kiat Sukses Menghadapai Ujian Nasional

Jika anda mendengar kata Ujian, apa yang anda fikirkan? banyak orang memikirkan hal-hal yang sulit, tidak bisa diselesaikan dan yang membuat stress jika mereka mendengar kata ujian. Sebenarnya tidak semua ujian itu Sulit dan susah dipecahkan. Yang membuat ujian itu menjadi sulit adalah diri kita sendiri. Banyak anak-anak sekolah membuat ringkasan catatan kecil untuk mencontek atau lebih canggih lagi catatan atau buku pelajaran di fotocopy perkecil, hal itu sering saya temui, hehehe....
Anak-anak seperti itu sebenarnya hanya kurang PeDe terhadap kemampuannya, walaupun sebernarnya bisa. Saya juga dulu selalu membuat membuat catatan kecil setiap kali menghadapi ujian, tapi bukan niatan untuk nyontek, sebenarnya niat saya hanya untuk melatih daya ingat saya terhadap materi yang akan diujikan. Tapi klo benar-benar lupa ya dibuka juga tuch, hehehe....
Jangan ditiru ya, klo mau meniru kiat-kiat yang di bawah ini saja.

Kiat Sukses menghadapi Ujian Nasional atau Ujian apa saja :

Jurus Pertama :
Persipan Mental
Persiapan mental sangat menentukan keberhasilan seseorang dalam menghadapi ujian, untuk itu dalam persiapan mental ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan harus dilaksanakan, antara lain :
- Hilangkan Kecemasan / Ketakutan, hal yang sering terjadi ketika kita akan menghapi atau sedang menjalani Ujian. Tapi itu hal yang wajar, karena di dalam ujian akan ada penilaian dan penilaian akan menentukan prestasi. Namun sebaiknya kita tidak perlu cemas / takut dalam situasi seperti ini. Jika kita merasa tegang dan jantung berdebar-debar segera tenangkan diri dengan cara tahan nafas dalam-dalam dan keluarkan pelan-pelan, lakukan itu sampai keadaan menjadi normal, cara itu akan mengurangi ketegangan dan membuat kita lebih rileks.

- Positif Thinking
, berfikirlah yang positif dan optimis bahwa semua akan berjalan dengan lancar. Keadaan ini akan membawa energi posistif pada diri kita karena dengan berfikir positif dan optimis berarti kita telah menumbuhkan rasa percaya diri kita.

- Berdo'a, setelah kita melakukan sesuatu tentunya kita mempunyai harapan. Dengan berdo'a kita dapat memantapkan harapan kita. Karena berusaha tanpa berdo'a itu sombong, tetapi jika hanya berdo'a tanpa berusaha itu bohong.

Jurus Kedua : Persiapan Materi
Persiapkan Materi ujian yang akan kita jalani semaksimal mungkin, kita dapat mempersiapkannya dengan cara mengerjakan soal dari tahun-tahun sebelum. Semakin banyak referensi, semakin bagus tapi usahakan soal tersebut kita kerjakan sendiri, jika ada kesulitan baru kita tanyakan kepada yang lebih tau.

Jurus Ketiga : Persiapan Fisik
Jangan sampai diwaktu ujian kita tampak lemas dan loyo karena hal itu akan menghambat kita dalam mengerjakan soal ujian. Untuk mempersiapkan Fisik kita dapat melakukan pola hidup sehat, seperti makan dan tidur secara teratur dan tidak melakukan hal-hal yang dapat mengurangi kondisi dan stamina tubuh.

Jurus Keempat : Lingkungan yang Menyenangkan
Bagi para orang tua, berikan ketenangan suasana belajar untuk anak-anak, supaya mereka dapat belajar dengan baik. Jika waktu tersebut adalah waktu belajar, maka ada baiknya mematikan televisi ataupun semua hiburan yang dapat mengganggu. Tetapi sikap ini jangan sampai membuat anak menjadi tegang. Untuk masalah ini mungkin kita mempunyai car-cara sendiri untuk membuat lingkungan menjadi menyenangkan (subjektif).

Semoga bermanfat dan
Semoga sukses dalam ujian.....

0 comments:

Post a Comment