Best View with Mozila Firefox

Sunday, 1 February 2009

Bios Komputer IBM

Sedikit cerita aja ni dan saya ga akan mbahas cara installasi windows Xp, karena tentunya udah pada tau kan?, tapi masalah yang saya hadapi kemarin adalah ketemu dengan komputer IBM, dan saya agak kebingungan sewaktu akan menginstal ulang Windows XP.

Lho kenapa harus bingung?gampang kan, bukannya seperti komputer yang lain harus masuk bios trus set boot priority dulu. Mungkin itu kan yang ada di benak anda. Tapi kenyataannya IBM tidak sama dengan yang lain. Saya pernah juga nanganin komputer IBM tapi berbeda dengan yang saya tanganin kemarin. "fyuuh" dengan semangat 45 aku terus berusaha mencari bagaimana masuk ke Bios, tentunya di Restart kemudian tekan Bios key "Del, F2, F1, F11, F12 dll" tapi semua itu ga ngefek sama sekali dan akhirnya masuk windows yang udah diacak-acak Virus lagi. Tetap semangat...! akhirnya kita tanyakan kepada ahlinya "Paman Google", tapi apa hasilnya NOL BESAR. Waduh capek juga nich, udah satu jam masuk bios aja ga bisa, hiks....
Aku berhenti dulu dech sebentar, sambil nenangin pikiran sambil berfikir juga. Dan akhirnya aku ingat ma sesuatu hal, aha "Logo IBM" aku berfikir kok dari tadi komputer di restart ga keluar logo "IBM" ya? ga kaya komputer lain sewaktu di restart ya benar-benar mengulang proses dari awal banget, tapi tidak untuk "IBM" ga tau kalo yang baru ya?hehehe...Akhirnya komputer aku matiin dulu dech, trus tak nyalain lagi, dan aku menemukan sesuatu "Logo IBM" dan di bawahnya ada Tulisan "Press F12 to Setup from Network" dan "Press F1 to enter Setup" dan akhirnya teka-teki Bios terjawab sudah. Huuh...cuman kaya gitu ternyata,hehehe....setelah masuk Bios, lha kok tampilannya lain lagi? tenang, paling cuma tampilan aja yang beda isinya paling sama, langsung aja dech aku cari settingan "Boot Priority atau Boot Squence" setelah tak coba 1 per 1, ternyata ga ketemu dimana yang aku cari, jangan nyerah palingan ada yang belum dibaca, diulang lagi dech mencoba menu 1 per 1, tapi masih aj belum ketemu. Udah agak putus asa nich, langsung aja dech disimpan perubahan menuju ke Windows lagi. Setelah sampai windows akhirnya aku akses Master Windows XP SP2 dari windows, kemudian aku installasi Windows XP SP2nya dari windows itu, cuek ah....tapi akhirnya cara itu membuahkan hasil, ada proses Reboot dan akhirnya komputer melakukan pilihan Booting dari CD masternya Windows XP Sp2, aku bersyukur kepada Yang Maha Kuasa atas petunjuknyalah akhirnya masalah dapat teratasi.
Selanjutnya tinggal lakukan Installasi seperti biasa. Nah, pelajaran yang aku dapat dari sini adalah jika kita tidak menemukan perintah tombol Bios kita harus matikan dulu komputer dan kita nyalakan dari menekan tombol power untuk menjumpai tulisan perintah tombol Bios "Press .... to Enter Setup", yang kedua jika kita tidak menemukan pengaturan Boot Priority pada Bios lakukanlah installasi OS dari Windows dengan menjalankan CD masternya dan selanjutnya komputer akan Restart yang kemudian akan menjalankan CD Master. Begitu saudara-saudaraku, mungkin ada tambahan dari saudaraku, silahkan isi komentar aja.
Mohon maaf juga bila ada kesalahan ya...
Intinya adalah Experience is the Best Teacher. Pengalaman akan membuat kita lebih mengerti.
Thanx.

1 comment: