Best View with Mozila Firefox

Thursday, 22 January 2009

Tentang Speedy

• Umum
Apa itu Speedy?
Speedy adalah produk Layanan Internet access end-to-end dari PT. TELKOM dengan basis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan yang dijaminkan sesuai dengan paket layanan yang diluncurkan dari modem sampai BRAS (Broadband Remote Access Server).
Apa itu Modem ADSL?

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz). Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses Internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).
Apakah semua telepon bisa digunakan untuk Speedy?
Tidak semua jaringan telepon dapat digunakan untuk layanan Speedy. Hubungi Customer Care Telkom 147 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut
Apa yang dimaksud dengan downstream dan upstream?
1. Downstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan melakukan downloaddengan maksimum kecepatan sampai dengan ADSL Connection Speednya (384 Kbps).
2. Upstream adalah kecepatan aliran data ketika pelanggan melakukan upload dengan maksimum kecepatan sampai dengan 64 Kbps
Bagaimana bila saya lupa password saya?
Bawa kontrak berlangganan atau tagihan speedy terakhir beserta bukti bayar ke plasa telkom terdekat. sebagai bukti berlangganan untuk meminta password baru

• Cara Berlangganan
Apa saja persyaratan administrasi yang harus dipenuhi?
1. Menyediakan fotocopy KTP/SIM/Paspor pelanggan Speedy.
2. Menandatangani Surat Kontrak Berlangganan Speedy yang dibubuhi materei Rp.6.000,-
3. Tidak memiliki tunggakan pembayaran tagihan Speedy dan Telepon atau Faximile
di alamat instalasi yang sama, baik atas nama sendiri maupun atas nama Orang Pribadi/ Perusahaan/ Badan/ Lembaga, atau nama apapun sebagai pengontrak/penyewa dan atau pengguna tempat dan atau bertempat tinggal di alamat dimana fasilitas Speedy terdaftar.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi Customer Care Telkom 147
Apa saja yang harus saya siapkan?
4. Perangkat komputer, modem disediakan sendiri oleh pelanggan
5. Standar minimal spesifikasi teknis komputer (minimum requirement) :
a. Pentium II Processor
b. Ram 64 MB
6. Hardisk dengan kapasitas 2 GB Apabila secara teknis diperlukan penggantian modem untuk mendapatkan jenis layanan yang baru, maka penyediaannya menjadi tangung jawab pelanggan sepenuhnya.
Apa saja yang disediakan oleh Telkom?
Dengan memilih Speedy sebagai solusi kebutuhan akses Internet Anda maka anda akan mendapatkan Layanan dari TELKOM sbb :

7. Instalasi spliter di customer premises (sisi rumah pelanggan)
8. Garansi Kecepatan Akses Internet sampai dengan Broadband RAS
9. Line Akses Broadband sesuai dengan jenis layanan
10. Akses Internet melalui ISP TELKOMNET
• Modem
Bagaimana mendapatkan modem ADSL?
Modem ADSL banyak dijual di pasaran, dengan variasi harga dari sekitar Rp 600 ribu sampai dengan Rp 3 juta. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut
Bagaimana cara memilih modem ADSL?
Tips untuk mendapatkan modem ADSL yang baik adalah sebagai berikut:
1. Apakah modem tersebut digunakan untuk beberapa PC atau hanya satu PC. Jika untuk satu PC cukup modem dengan 1 port USB dan atau 1 port ethernet, tetapi apabila akan digunakan untuk beberapa PC maka bisa digunakan modem yang dilengkapi dengan beberapa port ethernet (berfungsi sebagai hub). Sebagian besar tipe modem yang dijual di pasaran saat ini adalah modem router yang dapat menyimpan konfigurasi koneksi speedy (username dan password) di memory modem, sehingga ketika modem dihidupkan dan tersambung ke line telepon, maka modem akan secara otomatis melakukan koneksi speedy (automatic login), sekalipun komputer yang terhubung ke modem tersebut belum dihidupkan.
2. Gunakan modem yang compatible dengan sistem operasi dari PC anda seperti Windows atau Linux. Dari pengalaman di lapangan ada beberapa jenis modem USB yang tidak compatible dengan Windows 98 atau Windows 2000.
3. Jika memiliki dana yang cukup lebih baik menggunakan modem yang memiliki kemampuan setting melalui web karena dapat dioperasikan dengan berbagai jenis sistem operasi dan browser serta mudah dalam pengoperasiannya.
• Koneksi
Mengapa saya tidak bisa melakukan koneksi ke Speedy?
1. Untuk koneksi speedy, modem ADSL melaksanakan 2 tahap koneksi, yaitu koneksi ADSL dari modem ke Digital Multiplekser di STO terdekat dan koneksi ke BRAS dengan menggunakan username dan password masing-masing pelanggan.
2. Untuk melihat status koneksi ADSL dan koneksi ke BRAS sudah Up, dapat dilihat pada ADSL Connection status monitoring dan Internet Connection Status Monitoring di modem (melalui web interface masing-masing tipe modem).
3. Sebagai langkah awal, matikan modem beberapa saat lalu hidupkan kembali
4. Jika koneksi speedy masih belum berhasil, laporkan gangguan ini ke customer care speedy 147, dan sampaikan status koneksi speedu yang dilihat di modem unutk mempercepat penyelesaian gangguan yang terjadi.
Saya sudah terkoneksi ke Speedy tapi tidak bisa browising?
5. Sebagai langkah awal, matikan modem dan hidupkan kembali untuk melakukan koneksi baru.
6. Jika belum berhasil, deteksi LAN card dengan menonaktifkan (disable) lalu di aktifkan kembali dengan mengklik Enable (Control Panel - Network Connection -LAN Connection).
7. Sebaiknya aplikasi Internet browser diupdate dengan versi terbaru.
8. Pastikan PC tidak terkena virus.
Setting saya terhapus, bagaimana melakukan setting ulang?
9. Lakukan konfigurasi modem ADSL melalui aplikasi berbasis web yang disediakan oleh produsennya. Jika kurang jelas hubungi vendor/toko tempat Anda membeli modem.
10. Lihat apakah ada perubahan user & password Speedynya. Jika tidak, lakukan
langkah ke-3.
11. Jika PC Anda terinfeksi virus, hilangkan virusnya terlebih dahulu.
12. Lakukan koneksi ke Speedy dengan memasukkan user & password.
13. Rebooting PC Anda, pastikan bahwa LAN card sudah terdeteksi dengan tampilnya
icon Network Connection di pojok kanan bawah.
Mengapa Internet saya lambat?
Kestabilan koneksi Speedy dipengaruhi oleh beberapa hal seperti total traffic di
jaringan, kualitas jaringan telepon, jumlah aplikasi/browser aktif di komputer, serta kesehatan PC (bebas virus). Apabila salah satu hal tersebut terjadi maka dapat menyebabkan koneksi Internet anda lambat
• Usage & Billing
Apa yang dimaksud dengan usage, download dan upload?
Usage adalah Jumlah byte yang digunakan ketika melakukan aktivitas akses Internet.
Download adalah aktifitas akses Internet untuk memindahkan data/file/aplikasi yang ditransfer oleh mesin setelah pengguna Internet melakukan request terhadap data/file/aplikasi tersebut pada satu halaman web.
Upload adalah aktivitas pengguna Internet ketika melakukan request terhadap suatu data/file/aplikasi di suatu halaman web.
Bagaimana menghitung usage Speedy?
1. Ketika pelanggan login/menyalakan modem (untuk modem router), billing system akan mencatat user id yang digunakan, waktu start session dan IP Address yang diberikan.
2. Ketika pelanggan logout/mematikan modem (untuk modem router), billing system akan mencatat user id yang digunakan, waktu stop session dan jumlah usage (upload dan ownload).
3. Billing system akan mengirimkan data lengkap session pelanggan ini (setelah pelanggan logout) ke data base di telkomspeedy.com untuk dapat dilihat oleh pelanggan. Proses pengiriman data dilakukan setiap 10 menit.
4. Setelah satu bulan, seluruh data pemakaian per pelanggan diakumulasikan untuk diproses tagihannya.
Bagaiman saya melakukan pembayaran tagihan?
Lihat sub menu pembayaran tagihan di menu customer care
• Tips
Security
1. Jangan membiarkan orang lain tahu password anda
2. Pastikan anda telah mengubah User dan Password untuk setup Modem DSL dengan User dan Password baru yang terdiri dari minimal 6 karakter
3. Pastikan anda telah mengubah Password Speedy dengan Password baru yang terdiri dari minimal 6 karakter kombinasi dan lakukan perubahan selanjutnya secara eriodik.
4. Pastikan anda telah me-non-aktifkan port-80 modem DSL untuk sisi 'WAN' atau men-'Disable' fasilitas 'Remote Admin' di perangkat DSL pelanggan
5. Pastikan anda telah meng-aktif-kan fasilitas 'FireWall' baik di perangkat modem DSL maupun di Terminal Komputer
6. Pastikan mode 'DSL Bridging' hanya anda gunakan bila anda memiliki pengetahuan komputer dan networking dengan katagori 'Advance' Usage
7. Biasakan untuk mematikan modem saat tidak digunakan untuk Internet
8. Aktifkan aplikasi quota alert anda untuk membantu memantau jumlah pemakaian usage
Spam & Virus
9. Jangan membuka attachment dari mail yang tidak anda kenal
10. Aktifkan pop-up blocker pada browser anda
• Speedy Time Based
Deskripsi
Adalah Paket Layanan Speedy dimana biaya pemakaian dihitung berdasarkan waktu koneksi ke internet, bukan berdasarkan jumlah paket atau data yang didownload atau diupload. Metode berlangganan seperti ini akan menguntungkan bagi pelanggan yang sering melakukan download dalam jumlah besar. Dengan memilih waktu download yang tepat (disesuaikan dengan trafik pengguna Speedy lainnya) maka pelanggan akan mendapatkan paket download besar dengan harga yang relatif lebih murah.
Cara Berlangganan
Hubungi Plasa Telkom terdekat.
Mutasi Layanan
Pelanggan Speedy eksisting (volume based) diperkenankan untuk mengubah paket layananannya. Perubahan paket ini akan berlaku pada bulan n + 1. Pelanggan diperkenankan mengubah paket layanannya setiap saat dengan memperhatikan ketentuan diatas.
Peralatan yang dibutuhkan
Peralatan / modem / router yang dibutuhkan sama dengan Paket Layanan Speedy lainnya. Perlu diperhatikan, dalam metode timed base ini, tagihan Anda akan dihitung berdasarkan LAMA KONEKSI, oleh karena itu matikan modem / router Anda saat tidak digunakan.
Sumber : www.telkomspeedy.com


0 comments:

Post a Comment